Jumat, 03 Mei 2013

Taman Nasional

Taman Nasional merupakan kawasan atau area yang dilindungi, biasanya oleh pemerintah, untuk melindungi flora dan fauna yang ada didalamnya. Taman Nasional merupakan tempat pelestarian alam yang berbentuk In-situ, pelestarian alam in-situ adalah pelestarian flora dan fauna yang dilakukan di habitat aslinya. Jadi ini contoh-contoh taman nasional di indonesia:
  • Taman Nasional Way Kambas terletak di Lampung, Sumatera. Hewan yang dilindungi antara lain, gajah, badak, harimau sumatera, mentok rimba, buaya, dan masih banyak lagi. Sedangkan tumbuhan yang dilindungi ada api-api, pidada, nipah, dan pandan

                                  
  • Taman Nasional Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tumbuhan yang dilindungi ada jelatang, bayur, rerau, dedurenan, edelweiss, Perissytylus rinjaniensis, dan Perissytylus lombokensis. Sedangkan hewan yang dilindungi ada musang rinjani, rusa, trenggiling, dan kepodak kuduk hitam.

                                  

  • Taman Nasional Manusela terletak di Kepulauan Maluku. Hewan yang dilindungi ada kakaktua seram, kasturi ternate, nuri raja, kuskus, penyu hijau, duyung, dan kadal panama. Sedangkan tumbuhan yang dilindungi antara lain, tancang, bakau, api-api, pulai, ketapang, meranti, matoa, dan Chintea binaya

                                             
  • Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Kalimantan Tengah. Tumbuhan yang dilindungi antara lain kantung semar, bakau, meranti, ramin, jelutung, gaharu, keruing, tengkawah, dan Nipah. Sedangkan hewan yang dilindungi ada orangutan, bekantan, owa-owa, beruang madu, buaya sinyong supit, dan burung sindang lawe. 

                                 

  • Taman Nasional Lorentz terletak di Jaya Wijaya, Papua. Hewan yang dilindungi ada puyuh salju, beruang madu, babi duri moncong pemdek, cenderawasih ekor panjang, dan masih banyak lagi. Sedangkan tumbuhan yang dilindungi ada nipah, bakau, Colocasia esculenta, dan masih banyak lagi.

                                               

Jadi ini untuk pengetahuan kalian tentang pelestarian alam di indonesia, mungkin di post selanjutnya akan ada binatang dan tumbuhannya juga.. Terima kasih atas perhatiannya. Da-daaa:

1 komentar:

  1. Beri kelanjutan informasinya, karena di Indonesia terdapat banyak taman nasional selain yang telah disebutkan. terima Kasih.

    BalasHapus