Kamis, 29 November 2012

Batik

Batik adalah salah satu cara pembuatan motif kain. Kata "batik" berasal dari gabungan dua kata bahasa jawa, yaitu "amba", yang bermakna "menulis" dan "titik" yang bermakna "titik".
Batik berasal dari hampir seluruh wilayah di Jawa. Seperi batik Surakarta, Yogyakarta, Cirebon, dll.
Kegiatan membatik itu berlangsung turun temurun. Sehingga kadang ada motif yang menandakan bahwa batik itu berasal dari keluarga tersebut. Dulu beberapa motif batik hanya boleh dipakai oleh keluarga Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Bahkan sampai saat ini penggunaan motif hanya untuk keraton masih berlaku. Batik pertama kali diperkenalkan ke dunia oleh Presiden Soeharto yang waktu iut mengenakan baju batik ke konferensi PBB. Corak dan motif banyak dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing, contohnya merah berasal dari tionghoa dan benda-benda penjajah lainnya ( seperti kereta kuda, bunga tulip, bangunan-bangunan, dll). Sebelumnyacorak dan motif batik sangatlah terbatas.
Cara membuat batik adalah:
Awalnya kain batik berasal dari kapas yang disebut kain mori ataupun yang berbahan sutra, polyster, dll. Lalu motifnya dibentuk menggunakan lilin, alat yang digunakan adalah canting untuk motif halus ataupun kuas untuk motif besar. Lalu kain dicelupkan ke warna yang di inginkan beberapa kali dan dikeringkan. Biasanya batik tulis memerlukan waktu dua sampai tiga bulan untuk pembuatannya. Makanya batik tulis jauh lebih mahal daripada batik cap.Cara kedua adalah menggunakan cap untuk membuat motif batik, setelah di cap kain lalu di celupkan ke warna yang diinginkan lalu dikeringkan. Untuk pembuatan batik cap ini, hanya membutuhkan waktu dua sampai tiga hari. Harganya pun juga lebih murah daripada batik tulis.
Yang terkenal adalah batik jawa. Batik jawa itu banyak berkembang di daerah Surakarta (Solo). Batik Indonesia , sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kebudayaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces Of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

batik motif parang kusuma (Yogyakarta)
 
batik motif jawa hokokai (Pekalongan)
 
batik motif cirebon (Cirebon)
 
Maka banggalah ketika kamu memakai batik, karena batik adalah warisan asli dari Indonesia.
Sekian penjelasan tentang batik ini, terima kasih :D
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar