Sabtu, 17 November 2012

Pengalaman di Padang

Jadi hari senin tanggal 12 November lalu, aku ke padang buat Lomba Cerdas Tangkas Fisika di Universitas Andalas. Setelah sholat dzuhur dan makan kami langsung ke bandara. Yang ikut ke padang itu ada aku, Manda, Kak Haryo, Kak Azzam, Kak Daffa, Bu Athiya, mamanya kak Azzam, mamanya Manda, sama Mamanya Kak Chaca. Sebenernya harusnya Kak Chaca berangkat sama kita, tapi karena pesawat dari yogya nya delay jadi kak chaca ikut penerbangan berikutnya. Waktu kita mau masuk kan ada yang kaya pengecekan barang gitu, trus Kak Haryo itu duduk diujungnya tanpa alasan yang jelas. Trus sama petugasnya dibilangin "Heh, emang masa kecil kamu kurang bahagia?!" dan setelah itu terjadi aku dan Manda langsung ngakak.
     Setelah terbang, akhirnya kita nyampe ke Bandara Minangkabau. Abis itu kita foto-foto, ambil barang, dan langsung menuju hotel. Dan Kita pun nyampe di Hotel Djakarta, ya hotelnya lumayanlah.. Aku dapet kamar bareng Manda dan mamanya. Abis itu kita cuci muka, ganti baju, dan makan. Oh iya, bayangkan kita tuh dari sekolah sampe Padang itu masih pake seragam Labschool. Setelah selesai, kita pun belajar di kamar kakak kelas yang cowok. Pas baru masuk kamar yang cowok itu Kak Haryo masuk kamar mandi, katanya sih mau mandi. Dan di kamar mandi kak Haryo itu lamaaaaaaaa bangeet.. Kita pun belajar, kayak simulasi cerdas cermat gitu. Dan di tim cewek kita cengo. Tidak lama kemudian Kak Chaca dateng dari bandara. Abis itu tim cewek jadi jagoo.. Pasti karena Kak Chaca. Kita selesai belajar sekitar jam 10.30-an, lalu kita beristirahat di kamar masing-masing.
     Besoknya, aku bangun nggak tau jam berapa buat sholat dan mandi. Setelah rapi kita pun langsung ke restoran hotel dan makan nasi goreng. Jam 7.30-an kita berangkat ke UNAND (Universitas Andalas). Perjalanannya sekitar 45 menit. Di jalan itu ada banyak kantor lembaga-lembaga resmi yng bentuknya rumah gadang. Itu keren banget. Kita pun nyampe, dan langsung registrasi. Ternyata lombanya itu jam 13.30. Kita pun nunggu lama. Kita latihan di tribun atas auditorumnya. Dan saking berisiknya kita padahal ada yang lagi lomba tertulis kita pun ditegur. Lalu kita keluar buat latihan lagi. Jam 12.00 pun kita ishoma dan abis itu tim cowok lomba, karena panitianya nggak bener ada ibu yang marah-marah. Lomba pun berlangsung dan akhirnya tim cowok kalah, dan yang menag adalah SMP Maria Padang dan di sisi satu lagi yang menang adalah SMP 5 Batusangkar Padang. Giliran kita, dan kita MENANG dan lanjut ke babak final. Setelah babak penyisihan selesai kita langsung enuju hotel tapi kita mampir dulu ke pantai dan toko kelontong gitu. Dan Manda beli coklat yang bentuknya dora cuma karena bentuknya lucu. -____- Kita pun langsung ke hotel. Kita mandi, ganti baju. Karena besok yang cowok nggak ikut final, jadi yang cowok makannya di luar. Pas cowoknya udah sampe kita pun belajar lagi di kamar mereka. Dan tiba-tiba shock karen star radio padang ngasih ucapan kayak gini "SUKSES YA BUAT AMANDA, AULIA, DAN CHACA BUAT CERDAS CERMAT BESOK". Dan ternyata itu Kak Daffa yang nge request ucapan itu, dan star radio padang itu punya kak siapa gituu anak labsky. Kita jadi tambah semangat belajar. Selesai belajar kita langsung makan. Terus kita tidur di kamar masing-masig.
     Esoknya, aku bangun nggak tau jam berapa lagi abis itu sholat dan mandi. Hari ini jadwal mulainya sih jam 13.00 tapi kita ada acara buat ke Lab-nya UNAND. Jadi berangkat seperti biasa, sebelum ke Lab kita diajak muter-muter UNAND. Karena UNAND itu diatas bukit jadi pemandangan disana itu bener-bener indah. Kita foto-foto lagi, trus kita ke perpustakaan. Disana bukunya banyak banget, dan terbagi jadi beberapa ruang. Setelah itu kita baru ke Lab nya, disana kita diajarin pake alat-alat fisika, tapi aku nggak ngerti sama sekali cara pakenya. Trus ternyata Kak Azzam ngambil lensa lup dari lab, kita disana bikin percobaan sendiri di luar lab. Kita nyoba bakar sesuatu dan benda yang berhasil terbakar pertama adalah dasi nya Kak Azzam, habis itu "HP Labschool" nya kak Azzam, baru akhirnya kertas. Setelah percobaannya Kak Haryo pun balikin lensanya ke lab. Kita jalan lagi ke auditorium. Disana lagi ishoma, habis ishoma lomba nya pun dimulai. Kita ngelawan SMP 5 Batusangar, Padang dan SMP Maria, Padang. Tahun lalu yang menang LCTF itu SMP Maria. Kita pun menang dengan skor akhir 1150, SMP Maria 950, dan batusangkar 700. Trus ada LCTF SMA, lalu akhirnya pengumuman. Sudah pasti kita dapet juara 1, Piala nya tinggi banget mungkin tingginya sekitar 125 cm-an. Tapi sayangnya pialanya itu piala bergilir. Trus kita dapet satu piala kecil buat kita sendiri. Kita juga dapet hadiah hiburan sama uang Rp.1.000.000 tapi dibagi 3. Setelah pengumuman kita foto-foto lagi. Dan kita pergi menuju Toko Shirley. Toko Shirley itu toko oleh-oleh khas Padang. Kita pun memborong sampai berapa kardus gitu. Lalu kita pulang ke hotel. Foto-foto lagi, baru mandi ganti baju, dan makan. Setelah makan aku, Manda, sama Kak Chaca ngobrol-ngobrol gitu di depan kamar, trus akhirnya kita packing buat besok dan tidur.
     Esok harinya, kita bisa bangun agak siangan. Mandi dan makan. Setelah makan kita packing, beres-beres. Lalu pergi ke Pantai Air Manis. Di sana seru banget. Pantainya itu lumpur dan ada muara sungainya. Setelah puas main kita minum,ganti baju,dll. Kita pun langsung menuju bandara untuk pulang. Sebelum masuk pesawat Kak Azzam buka pengumuman MGMP dari laptop trus kita liat rame-rame. Ternyata banyak anak Labsky yang masuk ke babak selanjutnya. Abis itu kita masuk pesawat dan pulang menuju Jakarta. Akhirnya jita sampe Bandara Soekarno Hatta dengan selamat. Kita foto-foto lagi, ambil koper, dan keluar. Di luar aku disambut sama ibu, ayah, da adek-adekku rasanya senang banget bisa ketemu mereka lagi setelah lebih dari tiga hari nggak ketemu. Aku pun langsung pulang ke rumah.